Cara Tie Dye atau Dip Dye untuk Menambahkan Elemen Menyenangkan ke Proyek Anda

Cara Tie Dye atau Dip Dye untuk Menambahkan Elemen Menyenangkan ke Proyek Anda

Jika Anda membeli barang melalui tautan di halaman ini, kami dapat memperoleh komisi. Konten kami tidak dipengaruhi oleh komisi editorial. Baca pengungkapan penuh.

Coa tersedia dalam berbagai macam warna, tetapi terkadang Anda membeli bahan kulit dan ingin sedikit lebih menarik. Atau mungkin Anda membuat pewarna sendiri, dan Anda bosan mewarnai semuanya dengan satu warna. Mungkin Anda sedang mencari sesuatu yang sedikit ekstra dengan double dip.

Pernahkah Anda berpikir untuk menambahkan payet dan manik-manik ke kain? Atau mungkin membuat pewarna pewarna yang bagus? Bagaimana dengan pewarna dasi yang funky?

Baca terus untuk mengetahui cara menambahkan perhiasan celup Anda sendiri.

Catatan tentang Pencelupan

Anda memilih jenis pewarna, apakah Anda mewarnai untuk bersenang-senang atau ingin mewarnai, itu tergantung pada jenis pewarna yang akan Anda gunakan.

Pewarna akrilik tidak bisa diwarnai dengan apa pun seperti cetakan. Rit baik-baik saja, tetapi Anda harus menggunakan “cat dispersi”, atau warna akrilik tidak akan bertahan.

Sesuatu seperti iDye Poly Fabric Dye akan mengubah warna akrilik jauh lebih baik dan bertahan lebih lama. Ikuti petunjuknya dengan cermat, dan Anda akan dapat mewarnai atau mewarnai, seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Padahal, serat alami, seperti kapas atau wol, bisa diwarnai dengan produk lama atau alami.

Coa harus direndam dengan air atau campuran air dan cuka, sesuai petunjuk produsen.

Sebelum Anda mewarnai ruang bawah tanah yang dibeli, Anda harus mencucinya dengan air hangat dengan sedikit sabun selama dua jam. Ini menghilangkan bahan kimia dan minyak yang mencegah pewarna menyerap.

Maka Anda membutuhkan mordan yang terbuat dari cuka, garam, atau tawas. Dia mabuk selama dua jam.

Untuk pewarna yang dibeli di toko, Anda memerlukan instruksi untuk mewarnai air. Anda biasanya dapat menemukan informasi pada kemasannya, tetapi satu sendok teh per cangkir air adalah aturan praktis yang baik jika Anda tidak tahu berapa banyak yang harus dituangkan ke dalam air.

Untuk teknik pewarnaan alami, lihat panduan kami. Pewarna alami bekerja dengan baik terutama jika Anda ingin mewarnai pewarna, karena cenderung lebih halus.

Benang Tie Dying

Kain pengikat dan benang memiliki perpaduan warna eklektik dalam pola bergaris yang langsung dapat dikenali. Pewarna pewarna menonjol karena biasanya lebih bervariasi dan memiliki warna berbeda.

Ikat pewarna, bungkus dengan bola dan balut dengan perban. Rendam dalam air selama 20 menit, tergantung tingtur yang Anda gunakan. Peras setelah kering.

Kemudian Anda bisa mengikat bahan tersebut dengan kawat atau karet gelang. Mereka memelintir kain dan kemudian membungkus tali atau karet gelang untuk menahannya. Benang dan pelintiran akan membentuk benda Anda saat proses pewarnaan selesai.

Pikirkan tentang berapa banyak garis dan sapuan yang Anda inginkan, berapa banyak kepang, lilitan, dan ikatan. Area yang terikat dan terlipat rapat tidak akan tersentuh oleh pewarna, sehingga warnanya akan menjadi yang pertama.

Lalu dia membasahi pewarna dalam mangkuk besar. Anda bisa merendam satu bagian cokelat dalam satu warna, dan bagian lainnya dengan warna lain. Terserah kamu!

Tampilan akhir pewarna Anda dalam proses pengeringan tergantung setelah Anda mewarnai serat. Desain tie-dye seringkali menggunakan warna yang berbeda, sehingga bisa dibandingkan di gambar. Jadi, Anda ingin merendam sisik yang dicat dengan beberapa warna berbeda.

Misalnya ujung atas diberi warna merah jambu dan ujung bawah diberi warna ungu. Voila, Anda akan mendapatkan pewarna dasi merah muda/ungu yang cantik.

Alternatifnya, Anda bisa melukis tangan dengan cat atau cat atau botol peras. Jika Anda melanjutkan dengan cara ini, Anda tidak perlu menautkan gambar kecuali Anda menginginkannya.

Setelah pewarna diserap, Anda dapat melepas perban dan membukanya untuk memperlihatkan desainnya.

Anda tidak akan bisa mendapatkan tepi yang sempurna di antara warna, dan itu bagian yang menyenangkan. Mereka mungkin juga menyerap warna yang lebih intens di luar pewarna dan efek pucat seperti pastel pada untaian bagian dalam yang tidak terlalu diwarnai.

Jika Anda ingin membuat warnanya lebih terang, nyalakan pewarna dua kali dan biarkan mengering. Pilihan ini tergantung selera dan intensitas warna yang ingin dicapai.

Cara Mencelupkan Benang Dye

Mewarnai pewarna adalah pilihan lain yang menyenangkan untuk menambahkan warna pada pewarna untuk menciptakan efek yang menarik. Celup celup lebih konsisten daripada pewarna ikat karena Anda tidak menggunakan banyak warna dan bungkusnya dipisahkan, meninggalkan satu sisi diwarnai satu warna dan sisi lainnya diwarnai untuk menyerap pewarna.

Trik untuk mewarnai adalah mencegah pewarna merembes ke area cat lainnya. Anda juga ingin membuat gradien lembut antara bayangan dan garis keras. Jika Anda belum pernah mewarnai kain sebelumnya, mungkin perlu waktu untuk memahami tekniknya.

Tidak seperti pewarna, yang membuat pernyataan berani, ini lebih halus dan sempurna jika Anda ingin menggunakan pakaian yang dicat sebagai perubahan warna yang terang daripada banyak warna yang berani. Jangan ragu untuk bereksperimen dengan menciptakan warna yang lebih berani atau mengurangi jumlah warna untuk efek yang lebih halus.

Di sini Anda hanya bisa mewarnai pewarna tertinggi;

  • Ombre : saat warna secara bertahap beralih dari warna yang lebih terang ke warna yang lebih gelap.
  • Setengah setengah
  • Dua warna berbeda yang menyatu di tengah

Metode ini menghasilkan hasil pewarnaan yang sedikit berbeda, tetapi Anda dapat bereksperimen dengan setiap teknik sampai Anda menemukan warna yang cocok.

Langkah-langkah Pencelupan

Pewarna dicelup, kendurkan slein dan bungkus dengan ular longgar. Kemudian diamkan 4-6 inci di dalam pewarna. Biarkan cat terendam selama 20-30 menit, tergantung warna yang Anda inginkan.

Saat duduk, mereka mencelupkan pewarna yang tidak rusak ke atas air. Jika bagian luar bejana berada di bawah cairan, benang akan bekerja dan pewarna akan menarik ke area yang diwarnai di tempat yang tidak Anda inginkan.

Saat dia duduk, gerakkan beberapa jari pewarna ke dalam pewarna. Ini harus direndam selama 10-15 menit lagi. Jika Anda menginginkan efek ombre, pertahankan lebih banyak pewarna secara bertahap dan diamkan beberapa saat hingga seluruh gulungan terendam. Anda hanya ingin membiarkan bagian terakhir pewarna selama sekitar 5 menit.

Jika Anda menginginkan efek setengah-setengah untuk benang yang diwarnai, hentikan setelah Anda membuat transisi bertahap dan setengah garis luarnya telah diwarnai.

Untuk membuat dua warna, Anda cukup mewarnai separuh pewarna dan separuh lainnya menjadi pewarna baru. Biarkan pewarna ganda selama 20-30 menit agar semua helai terlapisi satu per satu.

Pewarna pengeringan

Saat pewarna ganda siap mengering, Anda bisa mengeluarkannya dari wadah dan mengeringkan kelebihan cairan dengan meremas seratnya. Jika Anda ingin mengeringkan pewarna dengan cepat, Anda bisa menggunakan kipas angin atau pengering rambut dengan pengaturan dingin.

Hindari pewarnaan terlalu panas. Jika pewarna terlalu banyak terkena panas, teksturnya bisa memburuk, terutama dengan serat sintetis.

Ketahuilah bahwa saat pewarna mengering, pewarna dapat menetes dan menodai furnitur, karpet, atau benda lain di sekitarnya. Biarkan pewarna di luar atau di atas ember atau wadah lain hingga kering.

Jika Anda ingin mewarnai pewarna, Anda ingin mengeringkannya sebelum menggantungnya, agar pewarna tidak luntur dan bercampur.

Jangan mengeringkan pewarna di bawah sinar matahari langsung, karena dapat memengaruhi beberapa warna.

Biarkan lukisan tergantung di pengering Anda atau di luar di area terlindung. Udara segar paling baik untuk mengeringkan kain, jika cuacanya bagus, Anda bahkan dapat meninggalkannya di luar.

Jangan lupa saat memotong atau mengecat kail, agar angin tidak membawanya pergi!

Bejewel Benang Anda Dengan Payet dan Manik-manik

Warna bukan satu-satunya pilihan untuk bungkus dua warna. Anda dapat menambahkan payet dan kancing! Bayangkan kain celup yang diwarnai membuat payet.

Payet dapat dibeli secara online atau di toko tekstil lokal, tetapi menambahkan ornamen sendiri jauh lebih menyenangkan. Jadi Anda dapat memilih dengan tepat payet mana yang masuk ke dalam desain dan jumlah kilauan.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menempatkan manik-manik atau manik-manik pada alat tenun saat Anda menggunakan mesin pemintal. Anda bisa melakukannya dengan menempatkan elemen dekoratif pada lukisan seperti tekstil. Video ini menjelaskan prosesnya.

Alternatifnya, Anda juga bisa menjahit manik-manik langsung ke proyek Anda menggunakan kait rajutan atau jarum rajut.

Proses ini sangat ideal jika Anda tidak memiliki roda pemintal dan tidak merajut kain Anda sendiri, tetapi ini berarti Anda menambahkan manik-manik atau manik-manik ke dalam desain daripada menambahkan cat itu sendiri.

Untuk menggunakan metode ini, mulailah merenda atau proyeksi. Saat Anda sampai di tempat Anda ingin menambahkan kancing, masukkan kait atau jarum melalui ujung benang. Kemudian Anda pergi ke sana.

Anda mungkin perlu menggunakan jarum atau pengait yang lebih kecil untuk kepalanya, karena kancingnya tidak selalu memiliki lubang yang besar.

Dandani pewarna Anda untuk penampilan baru yang menyenangkan

Saat Anda mengikat pewarna atau pewarna ikat, Anda akan memiliki tampilan unik untuk karya serat Anda yang tidak dapat dibuat ulang oleh orang lain.

Plus, Anda akan mempelajari proses pewarnaan baru yang akan membuka dunia baru untuk Anda. Anda mungkin menemukan teknik baru untuk membuat pewarna menjadi istimewa.

Jadikan perhiasan Anda menonjol dari keramaian. Ini juga merupakan keterampilan baru yang bagus untuk dipelajari yang dapat Anda bagikan dengan teman dan keluarga Anda.

Setelah Anda mempelajari cara membuat proyek pewarna yang sempurna, Anda juga dapat membuat anak atau teman Anda! Atau Anda bisa menunjukkan kepada anak Anda cara membuat ikat kepala atau topi.

Anda akan bersenang-senang mencoba metode ini untuk kerajinan tanpa akhir Anda, jadi cobalah dan lihat apa yang dapat Anda buat di rumah!

Apakah artikel ini berguna?

jadi tidak

X

Nah, umpan balik Anda sangat membantu!

Tanggapan Anda akan puas untuk perbaikan kami. Semakin banyak umpan balik yang Anda berikan kepada kami, semakin baik situs web kami.

Ikuti kami di media sosial:

Facebook Pinterest